Tanda-tanda Tubuh Memerlukan Tidur

Tubuh memberikan tanda-tanda saat kita kelelahan, meski kita tidak menyadarinya. Menurut penelitian, kurang tidur dapat memberikan efek buruk kepada tubuh hingga tubuh rentan terhadap serangan penyakit.

Berikut ini adalah beberapa tanda-tanda bahwa tubuh Anda memerlukan tidur cukup dengan kualitas yang baik:

1. Anda cenderung lupa akan hal-hal yang seharusnya Anda lakukan
Jika Anda melupakan hal-hal kecil yang harusnya Anda lakukan, artinya Anda butuh tidur. Kelelahan akan menurunkan efektivitas seseorang dan juga dapat menyebabkan kebingungan.

2. Nafsu makan meningkat

Studi menunjukkan bahwa kurang tidur akan meningkatkan kadar gula dalam darah dan menaikkan produksi hormon grehlin dan leptin yang dapat merangsang rasa lapar.

3. Gampang terserang flu

Tidur yang tidak memadai membuat Anda lebih rentan terhadap infeksi. Penelitian menunjukkan, orang yang tidur hanya empat jam setiap harinya akan memiliki kekebalan tubuh yang lebih rendah dibandingkan orang yang cukup tidur.

4. Perasaan lebih sensitif
Jika Anda mudah menangis karena hal-hal kecil berarti harus cek kembali jadwal tidur Anda. Kurang tidur akan membuat emosi Anda kacau, gampang marah, dan bersedih.

5. Ceroboh

Kurang tidur dapat mengganggu refleks dan fokus Anda, sulit merespon dengan cepat, dan akan lebih mudah bagi Anda menumpahkan teh ke baju Anda daripada meminumnya.(prevention/DS/SHA)

Sumber: Liputan.6.com

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Archives

Statistik

My Ping in TotalPing.com