Ovarium Buatan Matangkan Sel Telur di Luar Tubuh

Ovarium Buatan Matangkan Sel Telur di Luar Tubuh - Kabar gembira buat Wanita yang mengalami gangguan pada kandungan dan rahim. Kini mereka punya harapan baru untuk bisa memiliki keturunan. Telah dikembangkan ovarium atau indung telur buatan pertama di dunia yang dapat menghasilkan telur di luar tubuh.

Terobosan ini juga dapat membantu ribuan orang yang menjadi steril karena kemoterapi atau pengobatan lain yang merusak sistem reproduksinya.

Dilansir dari Dailymail, Jumat (17/9/2010), ovarium buatan ini diproses di laboratorium dengan menggunakan sel telur dari wanita normal usia subur.

Sel telur tersebut kemudian dimasukkan ke dalam ovarium buatan tersebut. Hal ini untuk menguji apakah ovarium buatan ini mampu menghasilkan telur hingga siap dilepaskan ke dalam rahim.

Setelah telur dimasukkan, ilmuwan menemukan bahwa ovarium buatan ini memperlakukan sel telur secara alami, sama dengan ovarium yang ada di dalam tubuh wanita. Organ buatan ini juga dapat membantu sel telur berkembang hingga matang dan siap dilepaskan ke rahim untuk dibuahi.

Selain itu, peneliti juga mengatakan ovarium buatan ini dapat membantu beberapa wanita yang mengalami kesulitan hamil.

"Penelitian ini merupakan terobosan yang masih sangat sangat baru dan dapat mengembangkan telur di laboratorium," ujar Sandra Carson, profesor kebidanan dan ginekologi dari Brown University, Rhode Island.

Di masa mendatang, terobosan ini juga memberikan kesempatan pada wanita menopause dan wanita yang terlambat menjadi ibu untuk memiliki keturunan.

Hasil temuan ini telah dipublikasikan pada Journal of Assisted Reproduction and Genetics.

Res: detikHealth

0 komentar:

Posting Komentar

Search

Archives

Statistik

My Ping in TotalPing.com